Sabtu, 05 Desember 2009

Inilah Daftar 10 Orang Terkaya Sejagat Raya (Bagaimana Mereka Memperolehnya)

Baru-baru ini, World Wealth Report menemukan bahwa tahun 2009 lebih sedikit daftar miliarder dari tahun sebelumnya. Namun, masih banyak milyarder di jagat ini. Memang, meskipun orang-orang seperti Bill Gates dan Warren Buffett rugi miliaran akibat kehancuran pasar saham yang mengikuti krisis keuangan, mereka masih sangat tinggi kekayaan bersihnya.

Beikut ini Majalah Forbes menawarkan daftar 10 orang terkaya di dunia - dan bagaimana mereka mendapatkan uang mereka:

10. Amancio Ortega

Dengan kekayaan bersih senilai $ 18.3 miliar, Amancio Ortega menduduki peringkat ke sepuluh orang terkaya di dunia.
Seperti kebanyakan orang-orang di daftar ini, kekayaannya diperolehnya sendiri dan bukan merupakan warisan begitu saja.  Ayahnya adalah seorang pekerja rel kereta api, dan Ortega bekerja di sebuah toko baju di Spanyol. Dia dan istrinya pada saat mulai membuat pakaian mereka sendiri dan berpakaian jubah. Mereka melakukan ini dalam ruang tamu mereka, menciptakan desain chic.
Mereka membentuk sebuah perusahaan bernama Inditex, dan menjadi merek sehingga terdapat lebih dari 4.000 toko di seluruh dunia. Kelemahan euro telah menguras sebagian kekayaan Ortega, sehingga kekayaannya menurun bahkan ketika saham dalam perusahaan habis. Ortega tumbuh kekayaannya dengan investasi di real estat, pariwisata, gas dan bank.

9. Theo Albrecht 

Seperti kakaknya, Karl, Theo Albrecht adalah orang yang sangat pribadi. (Fakta bahwa ia diculik pada tahun 1971 memberikan kontribusi mungkin fakta ini.) Dia memiliki $ 18.8 miliar, dan tiga tempat di bawah saudaranya dalam daftar miliarder terkaya dunia.
Albrecht memiliki hak merek ke toko diskon Aldi di bagian utara Jerman dan di seluruh Eropa, kecuali Great Britain. Aldi adalah merek keluarga, namun Albrecht telah mampu memulai merek sendiri, Trader Joe's, yang mendapatkan beberapa terobosan di pasar saham AS.

8. Lakshmi Mittal

Mittal mewarisi banyak kekayaan, bekerja dalam bisnis pembuatan baja keluarganya.
Ia mendirikan perusahaan sendiri, Mittal Steel, dan telah agresif dalam mengembangkan prospek bisnisnya.
Dengan pengambilalihan bermusuhan, perusahaan menjadi ArcelorMittal, dan merupakan perusahaan baja terbesar di dunia.
Mittal yang menghimpun $ 19.3 milyar, telah kehilangan sebagian dari uang tersebut ketika harga baja dunia  jatuh pada tahun lalu.
Sementara Kekayaan Mittal sangat bergantung pada saham-saham di perusahaannya, ia masih memiliki kepemilikan tunai substansial.Ia juga diversifikasi ke saham lain, seperti Macarthur Coal. Dia duduk di dewan Goldman Sachs.

7. Mukesh Ambani 

Kita telah berhasil mencapai # 7 pada daftar milyarder terkaya dunia sebelum sampai ke orang yang mewarisi kekayaan tersebut. Mukesh Ambani, bersama dengan saudaranya, mewarisi konglomerasi Reliance, salah satu perusahaan yang paling berharga di India, setelah kematian ayah mereka.
Masalah kontrol Ambani, sang ibu terpaksa menjadi penengah kesepakatan antara mereka, dan membagi sebagian dari aset. Ambani telah bekerja untuk menumbuhkan kekayaannya, namun. Reliance Petroleum bergabung dengan Reliance Industries, dan memiliki perjanjian untuk membeli saham Chevron Reliance di $ 1,20 per saham.. Ambani benar bernilai sekitar $ 19.5 miliar, dan merupakan orang terkaya di negara India.

6. Karl Albrecht

Miliarder ini sangat pribadi. Ia adalah orang terkaya di Jerman. Kekayaan bersihnya adalah $ 21.5 miliar.
Tidak banyak yang diketahui tentang Albrecht, tetapi diketahui bahwa ia adalah miliarder karena usahanya sendiri.
Ibunya memiliki toko kecil di Jerman. Namun, setelah Perang Dunia II, Albrect, bersama dengan saudaranya Theo toko berubah menjadi Aldi. Sekarang, Aldi dikenal dengan harga diskon belanjaan. Albrecht mengambil hak atas merek untuk Amerika Serikat, Inggris dan Australia, serta bagian selatan Jerman. Aldi  benar-benar melakukan dengan cukup baik ketika orang-orang beralih ke makanan murah selama resesi

5.Ingvar Kamprad.

Kebanyakan orang mungkin belum pernah mendengar tentang pengusaha Swedia Ingvar Kamprad (kekayaan bersih senilai, $ 22 miliar). Tapi mereka mungkin telah mendengar dari merek ia dikaitkan dengan: Ikea. Kamprad adalah anak petani Swedia. Salah satu pekerjaan pertamanya adalah menjual kartu, korek api, pena dan ikan dari sepeda. Dia belajar lebih awal bahwa dia bisa membeli dalam jumlah besar untuk harga murah, dan kemudian me-mark up harga tersebut sehingga ia membuat keuntungan yang bagus - bahkan ketika menawarkan harga yang baik kepada pelanggan. Akhirnya, ia mulai menjual furnitur. Setelah belajar sedikit tentang hal itu, ia membuka toko furnitur sendiri. Ia mendapat nama Ikea dari pertama dan nama belakang, nama pertanian keluarga, dan desa terdekat. Merek mebelnya dikenal dengan gaya modern. Alih-alih hidup terlalu boros, Kamprad mengambil kelas ekonomi ketika makan di restoran murah ditemani lalat-lalat..

4. Lawrence Ellison 

Pria yang mulai raksasa dengan perangkat lunak Oracle memiliki kekayaan bernilai $ 22.5 miliar. Bahkan meskipun ia dilahirkan di Bronx, Ellison diadopsi dan dibesarkan oleh ibunya bibi dan paman di lingkungan kumuh Chicago's South Shore. Ayah angkat Ellison kehilangan kekayaan real estat kecil pada masa Great Depression. Seperti Bill Gates, Ellison adalah anak putus sekolah perguruan tinggi. Dia membuat uang dalam desain perangkat lunak. Proyek database-nya untuk CIA, sebagai bagian dari Ampex Corporation, disebut Oracle. Ia mendirikan perusahaannya  hanya dengan modal $ 2.000 uangnya sendiri, dan tumbuh menjadi salah satu pemimpin industri.

3. Carlos Slim HelĂș 

Bersama dengan keluarganya, Carlos Slim HelĂș adalah orang terkaya di Amerika Latin. Dia telah menimbun $ 35 miliar.. Slim juga merupakan self-made miliarder. Dia memiliki sejarah yang menarik. Meskipun dia tinggal di Mexico City, ia adalah anak seorang imigran dari Lebanon (ayahnya nama asli Salim). Dia belajar teknik, dan membuat uang di industri telekomunikasi. Dia adalah pemimpin dalam kelompok investor yang membeli dua perusahaan telepon dari pemerintah Meksiko pada tahun 1990. Kepemilikan sahamnya beragam termasuk real estate, teknologi, minyak, gas dan bahkan saham di The New York Times Company. Dia bahkan meminjamkan uang perusahaan awal tahun ini. Kekayaan Slim bernilai sekitar sama dengan 2% dari output ekonomi dari seluruh negara Meksiko.

2. Warren Buffett
 
Salah satu investor yang paling terkenal di dunia adalah Warren Buffett. Setelah kehilangan $ 25 miliar, kekayaan bersihnya sekarang 'tinggal' sekitar $ 37 miliar. Sebagian besar kekayaannya adalah self-made, yang datang sebagai hasil dari sebuah perusahaan tekstil, Berkshire Hathaway. Ayahnya adalah seorang politikus di Omaha, dan Buffett mengantarkan surat kabar untuk pekerjaan pertamanya. (Dia juga mengambil $ 35 potongan pajak untuk sepeda pada usia 13.)
Ketika Buffett membeli Berkshire, dia menghabiskan beberapa tahun transisi ke perusahaan induk. Kemudian ia mulai menggunakannya untuk membeli bisnis lain. Buffett dikenal karena naluri bisnis dan investasi kecerdasan. Berkshire memiliki saham di GEICO, Dairy Queen, See's Candy, Coca-Cola, Wells Fargo dan perusahaan terkenal lainnya.

1. Bill Gates


Bahkan setelah kehilangan $ 18 miliar, Bill Gates masih memiliki kekayaan bersih $ 40 miliar. Seperti yang mungkin Anda tahu, Bill Gates adalah seorang self-made miliarder, menghasilkan uang sebagai pengusaha. Gates adalah salah seorang perintis awal sistem operasi disk dan memulai sebuah perusahaan software dengan beberapa teman-temannya.
Perusahaan menjadi Microsoft. Salah satu keutamaan Gates  adalah kesepakatan dengan IBM untuk sistem operasi sebesar $ 50.000. Karena ia tidak mentransfer hak cipta IBM, ia dapat melanjutkan membuat uang dari sistem MS-DOS sebagai vendor perangkat keras lainnya kloning sistem. Gates telah dituduh praktek bisnis buruk di masa lalu, dan baru-baru ini terlibat dalam proses anti-trust di Uni Eropa, namun tidak dapat disangkal keberhasilan Microsoft. Gates sekarang menyediakan banyak uang dan waktu kepada upaya filantropis, melalui Bill dan Melinda Gates Foundation.

Tidak ada komentar: